• Redaksi Box
  • Tentang Kami
  • Pedoman Jurnalistik
Kamis, November 13, 2025
Duta Priangan
Advertisement
  • Home
  • Sosial Politik
  • Hukum
  • Ekonomi
  • Pendidikan
  • Seni Budaya
  • Otonomi Daerah
  • Ragam Berita
No Result
View All Result
Duta Priangan
  • Home
  • Sosial Politik
  • Hukum
  • Ekonomi
  • Pendidikan
  • Seni Budaya
  • Otonomi Daerah
  • Ragam Berita
No Result
View All Result
Penggerak Otonomi Daerah
No Result
View All Result
Home Sosok Kita

Pemerintah Kota Penting Tetapkan Arah Baru Pendidikan: Perpaduan Kurikulum Nasional dan Kearifan Lokal

myadmin by myadmin
30 November 2024
in Sosok Kita
1
Pemerintah Kota Penting Tetapkan Arah Baru Pendidikan: Perpaduan Kurikulum Nasional dan Kearifan Lokal
92
SHARES
177
VIEWS
Share on FacebookShare on Whatsapp

Oleh: Bangbang Hermana, S.Pd., M.Pd

Dalam momentum Hari Guru Nasional (HGN), Kota Tasikmalaya mengambil langkah strategis untuk menentukan arah pembangunan pendidikan yang lebih relevan dan berakar pada budaya lokal. Pemerintah kota bersama Dinas Pendidikan berencana memadukan Kurikulum Nasional dengan kearifan lokal guna menciptakan generasi yang unggul secara akademis sekaligus memiliki pemahaman mendalam tentang budaya daerah.

Beberapa langkah strategis yang akan diterapkan antara lain:

  1. Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Mata Pelajaran
    Setiap mata pelajaran akan mengadaptasi nilai-nilai lokal seperti gotong-royong, seni tradisional, dan bahasa Sunda sebagai bagian dari proses pembelajaran.
  2. Pengembangan Ekstrakurikuler Berbasis Budaya
    Ekstrakurikuler seperti seni tari, musik tradisional, dan kerajinan tangan khas Tasikmalaya akan mendapat perhatian khusus untuk memperkuat identitas budaya siswa.
  3. Kolaborasi dengan Tokoh Masyarakat dan Budayawan
    Para guru akan dilatih untuk mengintegrasikan metode pengajaran berbasis budaya lokal dengan melibatkan tokoh masyarakat, budayawan, serta praktisi pendidikan.
  4. Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal
    Dalam pelajaran wirausaha, siswa akan diperkenalkan pada potensi bisnis berbasis produk lokal, seperti batik Tasikmalaya dan kerajinan bambu.

Langkah ini diharapkan mampu menciptakan lulusan yang tidak hanya berdaya saing secara nasional tetapi juga mampu menjaga dan mengembangkan kearifan lokal di tengah arus globalisasi.

Pendidikan Kearifan Lokal Kota Tasikmalaya dengan Pendekatan Teknologi Administrasi Sistem Informasi Keuangan (TASIK)

Kota Tasikmalaya memperkuat pendidikan berbasis kearifan lokal dengan pendekatan TASIK dimaksud sebuah inovasi digital yang mengintegrasikan nilai-nilai lokal ke dalam sistem pendidikan dan administrasi keuangan sekolah.

Tujuan TASIK:

  1. Meningkatkan Efisiensi Administrasi Pendidikan
    TASIK dirancang untuk memudahkan pengelolaan administrasi sekolah, termasuk laporan keuangan berbasis digital yang transparan dan akuntabel.
  2. Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Teknologi
    Sistem ini dilengkapi dengan fitur yang mengangkat potensi lokal seperti:

Basis Data Produk Lokal untuk mendukung pembelajaran kewirausahaan siswa.

Materi Pendidikan Berbasis Budaya Lokal yang terintegrasi dalam platform digital sekolah.

  1. Peningkatan Literasi Digital Siswa dan Guru
    Melalui program ini, guru dan siswa dibekali keterampilan dalam menggunakan teknologi informasi yang relevan dengan kebutuhan lokal, seperti pengelolaan UMKM berbasis digital.
  2. Mendukung Pengelolaan Keuangan Berbasis Kearifan Lokal
    TASIK juga mendorong pengelolaan keuangan yang memperhatikan prinsip ekonomi lokal seperti gotong-royong dan transparansi, yang sejalan dengan budaya Tasikmalaya.

Berita Terkait : Pj. Wali Kota Tasikamalaya Pimpin Upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2024

Dampak TASIK:

Meningkatkan Kemandirian Sekolah dalam pengelolaan administrasi dan keuangan.

Memperkuat Identitas Lokal di tengah transformasi digital.

Mendorong Kolaborasi antara sekolah, pemerintah, dan pelaku usaha lokal dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang berbasis kearifan lokal dan teknologi.

Dengan TASIK, Kota Tasikmalaya menegaskan komitmennya untuk menciptakan generasi muda yang unggul secara akademis, melek teknologi, dan tetap berakar pada nilai-nilai budaya lokal.

Metodologi Pembelajaran Terapan: Solusi Optimalisasi Kearifan Lokal Tasikmalaya

  1. Pendekatan Pembelajaran Terapan

Menggunakan pendekatan berbasis pengalaman (experiential learning) untuk mengintegrasikan kearifan lokal Tasikmalaya dalam proses pembelajaran:

Observasi lapangan: Mengunjungi tempat-tempat budaya lokal, seperti pengrajin batik, anyaman pandan, dan kerajinan bambu.

Praktik langsung: Siswa terlibat dalam proses pembuatan produk lokal yang memiliki nilai budaya tinggi.

Refleksi: Diskusi kelompok untuk mengevaluasi manfaat dan tantangan dalam melestarikan dan mengembangkan kearifan lokal.

  1. Tahapan Metodologi

a. Identifikasi Kearifan Lokal

Menggali potensi budaya dan tradisi lokal seperti seni Sunda, batik Tasik, dan pertanian organik.

Melibatkan tokoh adat, pengrajin, dan komunitas lokal untuk menjadi narasumber.

b. Pengembangan Kurikulum Berbasis Kearifan Lokal

Menyesuaikan materi pembelajaran dengan budaya lokal, misalnya:

Matematika: Menghitung biaya produksi kerajinan lokal.

Seni dan Budaya: Membuat batik Tasik dengan pola tradisional.

Wirausaha: Membuat studi kasus usaha kecil berbasis produk lokal.

c. Pelaksanaan Pembelajaran Terapan

Proyek Kolaboratif: Siswa bekerja dalam kelompok untuk menciptakan produk berbasis kearifan lokal.

Pameran Hasil Karya: Menampilkan produk siswa dalam pameran sekolah atau acara lokal untuk memperkenalkan karya mereka kepada masyarakat.

d. Evaluasi dan Optimalisasi

Menggunakan rubrik penilaian berbasis keterampilan (project-based assessment).

Melakukan survei umpan balik dari siswa, guru, dan komunitas lokal untuk meningkatkan efektivitas program.

  1. Solusi Optimalisasi
  2. Kolaborasi Sekolah dan Komunitas Lokal: Mengembangkan kerja sama dengan UMKM dan tokoh adat untuk memaksimalkan potensi lokal.
  3. Pelatihan Guru: Memberikan pelatihan bagi guru agar mampu mengintegrasikan kearifan lokal dalam pembelajaran.
  4. Penggunaan Teknologi: Memanfaatkan media digital untuk promosi dan pemasaran produk lokal secara lebih luas.
  5. Pendanaan dan Sponsor: Menggalang dana dari pemerintah daerah dan pihak swasta untuk mendukung program berbasis kearifan lokal.
  6. Manfaat Pembelajaran Terapan Berbasis Kearifan Lokal

Melestarikan budaya dan tradisi Tasikmalaya; Meningkatkan keterampilan wirausaha siswa; Membentuk kesadaran akan potensi lokal sebagai sumber daya ekonomi dan budaya; Menciptakan generasi muda yang kreatif dan berdaya saing lokal maupun global. (redaksi)

Penulis adalah Kepala SDN 2 Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Keterangan Gambar Utama: Bangbang Hermana (Sisi kanan dengan pose mengepal tangan-red). Photo diambil saat pelaksanaan upacara peringatan HGN 2024, HUT PGRI Ke-79, HUT Korpri Ke-53 Tingkat Kota Tasikmalaya dan HUT DWP Kota Tasikmalaya Ke-25.

Tags: #apresiasiguru#hgn2024#hutpgri#kotatasikmalaya#pendidikan
Previous Post

Pj. Wali Kota Tasikamalaya Pimpin Upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2024

Next Post

Pemkab Tasikmalaya Raih Juara 3 TPID Terbaik Se- Provinsi Jawa Barat

Next Post
Pemkab Tasikmalaya Raih Juara 3 TPID Terbaik Se- Provinsi Jawa Barat

Pemkab Tasikmalaya Raih Juara 3 TPID Terbaik Se- Provinsi Jawa Barat

Comments 1

  1. Bangbang Hermana says:
    12 bulan ago

    Jangan lelah memberikan masukan untuk perbaikan!

    Balas

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ikuti Kami

Berita Populer

Konpercab PGRI Kawalu Kota Tasikmalaya Sukses Tanpa Ekses
Pendidikan

Konpercab PGRI Kawalu Kota Tasikmalaya Sukses Tanpa Ekses

by Admin1
4 November 2025
0

Tasikmalaya, Duta Priangan - Selaras dengan tema yang diusung 'Solidaritas dan Demokrasi adalah Kunci Lahirnya Kepemimpinan yang Bermartabat' Konferensi Cabang...

Read more
Gerak Jalan Sehat Memungkas Rangkaian Kegiatan Peringatan HUT PGRI Ke-80 & HGN Tahun 2025 Tingkat Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya

Gerak Jalan Sehat Memungkas Rangkaian Kegiatan Peringatan HUT PGRI Ke-80 & HGN Tahun 2025 Tingkat Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya

8 November 2025
Anniversary Ke-2 FLA Community Tasikmalaya Sukses Digelar

Anniversary Ke-2 FLA Community Tasikmalaya Sukses Digelar

10 November 2025
H. Cecep, Berkesempatan Mendidik Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya

H. Cecep, Berkesempatan Mendidik Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya

3 November 2025
Akhirnya Viman Gunakan Hak Prerogatif Untuk Promosikan, Mutasikan 192 Pejabat Di Lingkup Pemerintahan Kota Tasikmalaya

Akhirnya Viman Gunakan Hak Prerogatif Untuk Promosikan, Mutasikan 192 Pejabat Di Lingkup Pemerintahan Kota Tasikmalaya

2 November 2025
  • Redaksi Box
  • Tentang Kami
  • Pedoman Jurnalistik
Hotline: 0853-2330-0808 (PIMUM)

© 2019 JNews - Premium WordPress news & magazine theme by Jegthem by YMProject.

No Result
View All Result
  • Home
  • Sosial Politik
  • Hukum
  • Ekonomi
  • Pendidikan
  • Seni Budaya
  • Otonomi Daerah
  • Ragam Berita

© 2019 JNews - Premium WordPress news & magazine theme by Jegthem by YMProject.

Login to your account below

Forgotten Password?

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In