Tasikmalaya, Duta Priangan – Untuk kali tahun kedua Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia melakukan asessment nasional berbasis komputer terhadap satuan pendidikan sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah yang kemudian kita kenal dengan ANBK SD/MI.

Tahun ini (2022-red) asessment terhadap SD/MI dilaksanakan dalam 4 (empat gelombang) masing-masing gelombang dialokasikan waktu 2 (dua) hari bagi sekolah yang memiliki cukup sarana penunjangnya (komputer-red) hari pertama sampel siswa (peserta-red) menjawab soal literasi dan dihari kedua peserta menjawab soal numerasi. Sedangkan asessment bagi pendidik dan tenaga kependidikan yang kita kenal dengan survey lingkungan pendidikan terlebih dahulu usai dilaksanakan.

Hasil pantauan Duta Priangan pada pelaksanaan ANBK SD Tahun 2022 di Kota Tasikmalaya pada Gelombang 2, Rabu-Kamis (26-27/10/2022) secara random (acak-red) di beberapa sekolah dasar diantaranya di SDN Sirnagalih Kecamatan Indihiang, SDN Syek Tubagus Abdullah, SDN 3 Sukamenak Kecamatan Purbaratu, kemudian ke SDN 1 Awipari, SDN Cibeureum Kecamatan Cibeureum, lalu di SDN 2 Sukamaju Kecamatan Indihiang, SDN 1 Manangga Kecamatan Bungursari, SDN Pajajaran Kecamatan Kawalu dan sebagainya pada dasarnya lancar tanpa kendala berarti, baik secara teknis pelaksanaan, peralatan yang digunakan maupun kepesertaan (sample-red) dapat mengikutinya dengan penuh seksama dan lancar.

Adapun hasil wawancara dengan para Proktor dan Teknisi ANBK yang sempat dikunjungi Duta Priangan pada umumnya mereka menyatakan pelaksanaan ANBK kali ini dapat dilaksanakan lebih lancar. Hal ini tentunya berkat bimbingan teknis baik dari help desk ANBK Kota Tasikmalaya, provinsi maupun pusat dan juga upaya tim teknisi yang senantiasa membimbing kami sejak pelaksanaan simulasi, glady dan pada saat syncronisasi.
Untuk diketahui, dalam memastikan pelaksanaan Assesment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) berjalan lancar tanpa kendala, seorang proktor dalam hal ini memegang peranan yang sangat penting diantaranya memiliki tugas mengunduh aplikasi ANBK pada laman yang telah ditentukan sebelum pelaksanaan AN, melakukan instalasi aplikasi ANBK pada komputer proktor dan komputer klien untuk digunakan pada saat AN, melakukan login ke dalam laman ANBK untuk pengelolaan data peserta AN, memastikan peserta AN merupakan peserta yang terdaftar, melakukan sinkronisasi apabila menggunakan moda semi daring sebelum pelaksanaan AN, melakukan pengaturan sesi AN bagi semua peserta melalui aplikasi ANBK, mencatat hal-hal yang tidak sesuai dengan POS dalam berita acara pelaksanaan membuat dan menyerahkan berita acara pelaksanaan dan daftar hadir ke pelaksana tingkat satuan pendidikan yang sudah ditandatangani Proktor dan Pengawasnya. Dan dalam tugasnya diruang ANBK, proktor juga dibantu seorang teknisi yang secara khusus akan turun tangan manakala muncul masalah pada hardware komputer yang digunakan, jaringan internet hingga instalasi kelistrikan. Dan masing 2 orang pengawas independen silang dari sekolah lain dalam satu gugus.(Nizul)
Comments 1